Daisypath Anniversary tickers

Senin, 18 Maret 2013

Pelangkah untuk 2 Abang Ku..

Setelah di repotkan dengan yang namanya "tetek bengek" urusan Pernikahan dan Resepsi, ada satu hal lagi yang nggak bole ketinggalan yaitu "pelangkah buat si abang"
umumnya, di Adat Aceh sendiri si adik yang niat menikah mendahului abang/kakak laki-laki kandung tidak diharuskan memberi barang yang di kehendaki abangnya untuk dijadikan pelangkahan melainkan, pelangkahan itu diberikan apabila si adik yang hendak menikah mendahului kakak perempuan kandung.

Kebetulan saya mendahului dua orang abang/kakak laki-laki saya yang belum menikah. nenek memberikan nesehat ke saya agar kedua abang saya di beri pelangkah sebagai syarat biar abang-abang saya tidak terlalu lama untuk mnyusul nikahnya.
whaaaat the maksud ?? loohh bisa begitu yah? Terus apa hubungannya sama pelangkah?


Pelangkah, yang saya tahu adalah suatu pemberian dari seseorang yang akan menikah kepada kakaknya yang belum menikah. Barang ini diberikan entah sebagai “sogokan” untuk minta restu kakaknya ataukah untuk “penolak” hal-hal buruk yang bisa terjadi di masa depan. Kebiasaan ini masih saya temui di keluarga Jawa dan Sunda.

kebetulan saya ini berdarah melayu Aceh Tamiang yang diturunkan oleh ayah saya dan padang oleh mamak saya. hmmm..kalo di ukur-ukur nggak ada sangkut pautnya dengan adat Sunda dan Jawa, tapi si nenek tetap kekeh harus kasi pelangkah untuk abang-abang saya.

budgetnya jadi nambah lagi nih dan berabe juga kalo si abng 2 itu mintanya yang mahal-mahal hehehehe. biarrr kaga berabe mending ditanya dulu sama si abang : begini kutipannya

saya: abang minta pelangkah apa buat langkahannya?
B' Ivan: Minta escudo aja hahaha, kok nggak dikasi bakalan nggak dapt restu hehehe
saya: jiiiiaaah, pat ta mita peng (kemana harus dicari tu uang)!!!
B'ipan : Kasi Jam aja yang harganya 1 jutaan
B'pman : abang jam juga ya na tapi yang harganya 2 jutaan
saya : >*^%#@!()+<"

segera saja  saya hunting jam tangan yang harganya  minimaze tapi bentuknya istimewa..
ada yang bisa share nggak ya jam tangan apa dan harga. budget saya untuk langkahan sekitar           Rp 1.500.000,-

tapi pernah dengar juga kalo Utamanya barang-barang  yang di jadikan pelangkah merupakan/mengandung sesuatu yang tajam... Kenapa barang tajam? Mungkin sekedar simbol supaya si abang jadi lebih PD dan macho. 

saya juga tidak paham kenapa harus ada pelangkah. Apakah untuk menghibur hati yang gundah karena dilangkah? Kok jadi seperti salah si adik karena mendapatkan jodohnya terlebih dahulu. Bila memang pelangkah itu adalah ungkapan rasa sayang si adik pada kakaknya, lalu kenapa harus diwajibkan? Kenapa harus jadi bagian dari tradisi dan diutamakan memenuhi apa yang diinginkan oleh kakaknya? Heheu bisa jadi kesempatan buat si kakak buat sekalian memalak adiknya (seperti kasus pada percakapan di atas).
 *Jangan minta pelangkah yang susah-susah, kasihan juga sama calon mempelai yang udah ribet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar